Sunday, October 2, 2011

Satnite at ER

Bismillahirrahmanirrahim...

Aku sih udah ngerasa, malem minggu di IGD pastilah akan ada yang 'berbeda'. Apakah itu? Ramai. Karena banyak orang keluar rumah. Benarkah? Nyatanya sampai maghrib kok masih sepi? Jam-jam kritis menurutku adalah ba'da maghrib. Let's see. Memang jam segitu pasien mulai berdatangan.

Pertama adalah pasien jatuh dari pohon kelapa. Pasien ini sering juga aku temuin. Biasanya fraktur multipel. Dan yang semalam adalah salah satu yang cukup complicated.

Lalu ada pasien dengan luka robek yang luas di daerah kaki. Dia anak SMP, mau ngaji, trus jemput temennya dulu. Katanya, pas mau berangkat udah dilarang sama neneknya, tapi tetep aja berangkat. Yang aku kagum, dia dzikirnya kuat banget. Di saat lidokain sudah disuntikkan berampul2, masih aja kerasa sakitnya, jadi bibirnya nggak berhenti dzikir. Selain itu, karena keluarganya beberapa orang medis, ada juga yang meremehkan dan menekan kami. Aku tahu itu demi kebaikan pasien, tapi kupikir kurang etis juga kalau seperti itu. Sepanjang ini, itu pasien yang keluarga besarnya terpaksa diperbolehkan masuk ke dalam ruang bedah minor, lainnya tidak.

Satu-dua pasien datang. Setelah itu waktu tenang.

Jam setengah 4 ramai-ramai kedengeran dari luar. Sirine polisi pun terdengar. Kecelakaan, dekat situ. Mobil nabrak warung nasi goreng. Kemungkinan para penumpang mobil mabuk. Yang paling parah adalah tukang nasi gorengnya. Datang dengan nafas satu-satu. Sempat diambu, tapi kemudian lolos juga, diambil Sang Kuasa. Nyesek rasanya. Di satu ruang bedah minor itu, ada 3 orang sebagai penyebab kematian seseorang. Begitu kan? Selesai melakukan visum hidup dan mati, sudah.

Ruang minor kali itu benar-benar penuh darah.

::forensik::

2 comments:

  1. innalillah..
    ga kebayang mesti ngadepin kematian tiap hari...
    walaupun bukan orang2 terdekat kita, tetep aja... :(

    ReplyDelete
  2. iya mba, sebelumnya ngga pernah ngebayang bakal ketemu tiap hari..

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...