Saturday, October 15, 2011

1 week on anestesi

Bismillahirrahmanirrahim...

Nggak kerasa sudah 1 minggu. Jadi rute kami adalah ada jadwal IBS (Instalasi Bedah Sentral) dan ada Jaga. Masing-masing punya tugas sendiri. Jadi kalau lagi nggak kebagian jaga ya nongkrong di IBS, di mana IBS itu punya jam kerja 5 hari seminggu.

Jaga IBS adalah, kamu harus follow up pasien 1 hari sebelum besoknya dioperasi, laporkan ke konsulen dan residen, koreksi yang butuh dikoreksi. Jawab konsulan itu, dan besoknya kamu harus 'main' di operasi pasien yang bersangkutan. Lumayan sih asyiknya. Sejauh ini baru ikut 2 operasi bedah umum dan 1 operasi bedah urologi.

Jaga, adalah jaga CITO. Ada 1 telepon wireless yang akan nangkring di ruang koass, yang bakal berdering kalau ada konsulan cito dari berbagai bangsal di seluruh pelosok Rumah Sakit. Yang nantinya harus kita follow up pasiennya, laporkan ke konsulen dan residen, lalu kita 'main'kan di OK (Kamar Operasi) IGD.

Setelah jawaban konsulan di ACC, ASA berapanya, kita hubungi OK untuk siapkan ruang, alat, dan para penata (anestesi maupun bedah) terus ambil paket anestesi di farmasi, ganti baju steril, dan siapkan obat dan pasien.

Jaga pertama itu sesuatu banget. Baru, dan terus-menerus. Hampir nggak bisa tidur, meski kadang curi-curi kesempatan buat ngeliyep. Alhasil besoknya usai jaga, jadi putri tidur mendadak.

Selesai jaga, buat laporan jaga buat Morning Report, begitu juga untuk yang akan masuk IBS, laporan juga.

::ANESTesi::

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...