Friday, September 16, 2011

Jaga Forensik Day 2

Bismillahirrahmanirrahim...

Jadwal jaga malem. Mulai dari jam 10 sampai pagi. Masih di rumah udah dikabari, pasien berdatangan, okey. Sampe depan IGD, liat muka-mula penunggu yang kelihatan gelisah, "Wah, kayaknya ada yang gawat nih," kataku. Bener aja, setelah pake jas koass dan masuk ruang bedah minor, ada pasien plus, alias meninggal. Post KLL, mabuk, nyungsruk ke kali. Temenku udah mulai nyeka-nyeka bekas darah, temen yang lain ngejait-jait luka, aku moto-moto.

Trus dateng pasien baru, parah. Ternyata ada kecelakaan bus, Sumber Alam sama Pariwisata. 3 Pasien dirujuk ke RS kami. Pasien yang paling parah, karena mereka diduga mengalami trauma kepala yang lumayan berat. Satu pasien, salah nama karena KTP yang ditemukan di dompetnya punya pamannya. Wajahnya luka parah, kaki kanan fraktur, patah total. Jadi waktu luka di wajah dibersihin mau dijahit, walaupun tangan dan kaki kiri udah diiket, kaki kanan itu malah nendang-nendang, dan bener-bener kelihatan patahnya. Bayangkan betis bengkok.

Datang lagi, perempuan, sama parahnya. Tapi setelah di CT Scan ternyata lebih parah hasilnya. Cidera Kepala Berat, paginya setelah dikonsulkan ke bedah saraf, mulai dioperasi.

Satu lagi anak kecil. Sama juga, perdarahan otak, tapi dia masih aktif. Bahkan waktu mau diambil darah, kami kewalahan buat jagal dia. Aku yang kebagian jagal tangan kanan ama kaki kanan, berhasil dicubit! Setelah itu, aku nggak tidur semalaman. Khawatir ada pasien lagi, tapi emang ga ngantuk sih, karena sebelum jaga udah minum setengah cangkir kopi, hehe.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...