Saturday, August 14, 2010

Pra Yudisium

Bismillahirrahmanirrahim...

Tadinya, cuma beberapa fakultas yang pake yudisium-an segala, tapi sekarang sepertinya udah semua. Bahkan FE yudisium tiap hari sabtu *aku ngiri*.

Di FK-ku? Bagaimana yudisium itu? Ia diadakan sekitar sebulan sebelum wisuda, tapi bisa juga diadakan di antara 2 wisuda. Pendaftaran terakhir biasanya 1 bulan sebelum wisuda. Dan untuk kampus seperti kampusku, rajin-rajinlah melirik *eh, jangan cuma ngelirik ding* papan pengumuman di manapun, bisa jadi tiba-tiba 1 minggu lagi adalah batas akhir pendaftaran yudis, terkadang semua serba mendadak, *don't like it*.

Syarat yudis banyak sekaliii. Intinya, sudah lulus semua blok, sudah seminar hasil skripsi *jadi semua SKS sudah terpenuhi*, sudah bebas skripsi *alias hardcover dan softcopy-nya sudah beredar di pembimbing, penguji, perpus pusat, dan perpus FK*, bayar sumbangan perpus, bebas perpus, bebas ASOMA dan SPP, bayar yudis, bebas lab *ini yang paling repot*, foto, dll.

Paling ribet kalau harus cari tanda-tangan, terutama dokter spesialis, untuk itu, nitip adalah salah satu cara jitu. Haha. Biar kebagi semua loh, ada yang ke mana, ke mana, ke mana. Bolpen! Sangat penting, jangan menghilangkan bolpen anda, karena banyak nulis juga.

Foto pake jas, baju putih, dasi hitam, punya yang warna dan BW lebih baik, semua ukuran lebih mantab. Kayak aku nih, karena satu-satunya foto berjas adalah foto SMA, yang mana klise-nya *jaman dulu bo* entah di mana, maka memutuskan untuk foto lagi. Yang murah aja, yang deket rumah, jas buluk gapapa deh.. :P

Hardcover skripsi. Penting nih, kalo di tempatku, bikin 7. Daan, aku baru ngerti kemaren kalo sekarang fotokopian canggih banget. Ahh, kemana saja aku ini? Hikks. Jadi, ngopi 7 bendel skripsi cuma 10-15 menit kayaknya. Aku pake jilid kilat, tinta timbul. Aku taro jam 5 hari sabtu, minggu jam 8 malem jadi, soalnya minggu buka siang. Biaya sekitar 250 rb kurang. Kukasih ancer2 yah, kali aja ada adek kelas yang baca: tadinya aku mau ke Jogja Production, di jalan JendSoed, cuman dia minggu tutup, dan selasa hari libur, aku taro sabtu, baru jadi rabu, langkah cepat, pindah! SUKSES, tempatnya kecil, di jalan kampus, kalo dari arah Unpus, kanan jalan. Ya itu, yang aku ceritain, bisa kilat, lumayan buat yang dadakan atau yang pengen cepet like me.

Gitu sih kayaknya, kalau ada tambahan, nanti diupdate lagi deh.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...