Tuesday, June 15, 2010

Pilihan Terbaik


Bismillahirrahmanirrahim

Hari ini aku kembali diingatkan tentang suatu hal. Hal yang dulu sempat kuucapkan ketika memulai semua ini. Yang kukirimkan untuk-Nya, untuk diberikan jawaban tentang kehidupan masa depan.

Besok SNMPTN, aku hanya bisa berdoa untuk semua yang ikut: Semoga Allah memberi yang terbaik.

Dan itu juga yang aku ucapkan ketika berdoa dulu... Ustadzah D*ah pernah berucap saat aku masih SMP, mintalah pada Allah apa yang terbaik bagi kami menurut-Nya. Itu yang menjawab kegundahanku belakangan ini, karena sejujurnya aku melupakan itu.

Bukan kemauanku untuk masuk ke medical school. Yap, hampir seperti kebanyakan anak lulus SMA yang diminta oleh orangtuanya untuk menjadi seseorang yang berguna. Dulu aku berkata, aku ingin jadi penulis. Tapi jawabannya pun menyadarkanku, bahwa bukan tidak mungkin seorang dokter memiliki profesi lain yaitu penulis.

Bahkan sampai UM 1 (ngerjainnya sambil sakit nih) dan SPMB (SNMPTN jadul) yang sudah kulewati, aku masuk ke pilihan 2 dan 3. Aku udah daftar ulang, tapi dimintalah aku ikut UM 2. Lagi-lagi aku berdoa, berikanlah yang terbaik. Karena bila tidak memegang kalimat itu, rasanya mustahil merasa lega.

Dan ternyata... here we are. Sebenernya ada penolakan di awal, tapi lama-kelamaan mulai merasa beruntung masuk ke kampus sekarang. Tapi kegundahan di belakang muncul lagi. Dan aku menemukan kuncinya. Allah sudah menuntun di jalan yang terbaik... Baik itu di fakultas A, atau B, ketika kamu percaya Allah memilihkannya untukmu, maka jalanilah dengan ikhlas dan hati senang.

Pesanku, jangan kecewa terlalu lama untuk pilihan yang terjadi, bangkitlah lagi, dan perjuangkan. Jangan lupa berdoa, karena doa bisa mengubah takdir.

Bersabda Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam: “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah ta’aala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi 2065)

~salam medichia~

2 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...