Thursday, May 10, 2012

KU Jelek

Bismillahirrahmanirrahim...

Dini hari pukul 2 kurang, pasien bayi datang dengan anemia dan bronkopneumonia. Hb 6, tapi sudah di transfusi di RS sebelumnya. Datang dengan sianosis! What a... Jadi inget bayi2 dengan Keadaan Umum jelek di NICU sana. Hampir mirip. Meski HR dan RR masih baik, tapi bibir dan akral kebiruan dan dingin. Dengan sungkup O2 kebesaran, ia sedang berjuang. RC minimal bahkan hampir tidak ada, dengan pupil sekitar 4mm/4mm. 

Waktu temenku sedang konsul, aku kembali untuk menanyakan riwayat trauma kepala. Ya, soalnya katanya nggak pernah ada tanda-tanda perdarahan. BAK nggak merah, BAB nggak hitam, trus dari mana anemia-nya? Karena cukup banyak kasus APCD, di mana otak mengalami perdarahan yang meskipun nggak masiv tapi cukup mengancam. Apalagi kemarin sempat kejang.

Dan pas aku datang, meski tadi sebelum aku pergi keluarga sudah kutitipi pesan buat mengawasi ketat, (itu cuma selang 5 menitan) nafasnya habis, lupa. Langsung aja kuambil ambu bag dan mulai mengambu sambil nungging (karena posisi bed yang memang agak susah). Sekitar 1/2 jam kurang, nafas yang 1-2 itu kembali baik. Aku pesenin lagi ke keluarganya, kalau nanti lupa nafas lagi tolong segera lapor. Nggak sampai beberapa menit, kamar diketok, cari dokter kerudung coklat it means me. Tapi karena kondisinya masih sama, kami minta observasi dulu. Nggak lama kemudian, kembali apneu, lupa nafas. Kami ke sana, mengambu sekitar 5 menit kemudian Pijat Jantung Langsung. Nggak lama, HR menurun dan negatif. Pupil midriasis. Ia kembali pulang.

koass anak.

2 comments:

  1. Hb 6?
    benar-benar parah, yaa ^^
    trus, makanan dan suplemen alami apa yg baik sebagai penambah darah?

    #salam kenal, mbak Dokter
    www.aniamaharani.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa... :d kasian yah

      makanannya ya misal daging2an, sayur2an yang mengandung zat besi. kalau habis makan daging, minumnya jangan es teh, nanti menghambat penyerapannya. minum yg banyak mengandung vit c

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...