Sunday, January 1, 2012

Post Laparotomy

Bismillahirrahmanirrahim...

Pagi tadi setelah selesai ngegarap pasien BS, aku dan temenku jawab konsulan di bangsal bedah. Pasien post laparotomi a/i hernia inguinalis incarcerata. Kondisinya buruk deh. Pas aku tensi, 80/50, nadi nggak keraba, RR 40. Dokter residen dateng... sepsis ternyata. Kelihatannya peritonitis, jahitannya bocor, karena pasien hipoalbumin, padahal abis reseksi dan harus puasa 5 hari. Nah, mau dari mana dapet protein coba? Guyur deh. Prediksinya nggak lebih dari 6 jam. Tiap jam dipantau tensinya. Bener aja, 3 jam kemudian plus.

Sebelumnya keluarga sudah dimotivasi, dokter sudah menjelaskan tingkat kekritisan pasien yang kemungkinan hidupnya kecil. Aku mendengarkan dengan seksama, membayangkan bagaimana kalau aku yang harus memotivasi. Memang, kadang kami diminta melakukannya, tapi nggak biasa deh.. selama masih bisa nggak melakukannya, kabur. :D

Banyak diingatkan tentang kematian dan kesehatan. Kondisi fit tubuh kita memang berpengaruh banyak pada proses healing. Sooo... be healthy, girl. *Talking to myself, actually..

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...