Monday, January 2, 2012

Onkologi

Bismillahirrahmanirrahim...

Tahu drama korea Scent of a Woman? Di sana ada cerita romantika penderita kanker. Minggu ini aku masuk ke bagian bedah onkologi, bagian bedah untuk pasien tumor baik ganas maupun jinak. Pagi-pagi kami follow up pasien di bangsal, let me share..

Pertama kami bertiga mulai nge-draft lalu mulai memeriksa pasien. Tahu kan, pasien-pasien di sana rata-rata adalah pasien kanker yang akan kemoterapi, dan pasien yang akan operasi. Bisa dibilang aku grogi dengan mereka, para pejuang kehidupan. Kikuk. Apalagi pada pasien yang kondisinya sudah buruk. Nggak bisa banyak bercengkrama ringan karena mereka kesakitan. Dan, ca mammae banyak lo... sedih...

Setelah itu kami cao ke IBS (Instalasi Bedah Sentral).. Ada jadwal 7 operasi, 3 di antaranya insisi biopsi, dihandle residen bedah. Maka kami memainkan 4 operasi lain.

  1. Tiroidektomi
  2. Wide eksisi tumor kulit
  3. Parotidektomi
  4. MRM
Aku ass-op di operasi ke-3 (meski cuma pegang suction *tepok jidat). Dan kamu tau, tumor mammae yang kami lakukan MRM? Huhu...besar banget... Pertama, pas dibuka (ditutup pampers) baunya... hum, mirip ulkus gitu karena sebagian sudah busuk. Trus mastektomi kan, besarnya... kalo dikira-kira, mungkin sebesar bola voli lebih sedikit.. tapi itu berat buk... Usia yang sudah nggak muda.. subhanallah... Hargai hidup.

::B.Onk::

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...