Monday, April 25, 2011

Pungsi Ascites

Bismillahirrahmanirrahim...

Tadi siang aku abis pungsii :D Ada pasien ascites permagna, trus langsung deh, indikasi pungsi ascites kan. Aku yang disuruh ngelakuin. Udah ya, pake sarung tangan, pertama disinfeksi dulu pake kapas + betadin. Udah gitu langsung tusuk aja di kuadran kiri bawah, kalo ga salah pake spinal needle, ukurannya ga liat, hehe. Langsung aja tuh, cairan kekuningan ngalir... Liat 1 liter, pasien ditensi, kalo sistole <100, diklem dulu. Pasienku keluar sampe 7 liter.. wow.. sebelum ini keluar 8 liter... >.<''''

Nah, padahal, ahad kemarin baru terjadi sebuah percakapan yang sesuai dengan keadaan ini....
Ada pasien 21 tahun, ascites permagna, sesak napas. Aku konsulin ke Sp.PD, instruksi: kalo sesek banget, pungsi ascites. Doeng... DU bingung, yang mau ngelakuin siapa? Akhirnya tanya lagi, dijawab: kalo DU bisa ya lakuin, kalo engga, Sp.PD konsulan hari itu. DU ga bisa, apalagi lagi hamil besar, kalo hepatitis piye? Akhirnya kirim ruangan, biar dipungsi di ruangan. Sebelumnya sempet bilang gini DU-nya, "Kalo kamu bisa ngelakuin, lakuin aja." Aku ga bisaaa... Tapi setelah pengalaman ini PDku agak meningkat, kalo sekali lagi ngelakuin, mungkin nantinya aku bisa... aamiin..

~smoga sehat slalu~

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...