Friday, April 22, 2011

Interna, Minggu 6

Bismillahirrahmanirrahim...

Di stase interna/ penyakit dalam, ada pembagian tugas kerja koass, yaitu bangsal kelas 1, kelas 2, kelas 3, poli dalam, poli pengganti, poli diabetes melitus. Selama 6 minggu ini pembagian buat kelompokku agak timpang, belum pernah merasakan kerja poli, selalu di bangsal. Ada enaknya ada enggaknya. Enaknya, banyak dapet kasus keren, enggaknya nggak ngerti kasus-kasus non bangsal yang kayaknya sama kerennya, justru nanti kalo di dokter umum kayaknya malah banyak kasus yang mirip sama di poli kan? Mungkin nanti di akhir minta dikasi jadwal poli, ngerasain donggg.. hehe...

Bangsal kelas 1. Pasien nggak terlalu banyak. Di bangsal ini biasanya aku pegang yang laki-laki. Berangkat fol-up nggak usah terlalu pagi, karena waktu itu masih ada senior.. hehe..

Bangsal kelas 2. Cuma bertiga. Nggak terlalu banyak sih, satu orang mungkin pegang 6 pasien lah... Berangkat lebih pagi. Sudah nggak ada senior.

Bangsal kelas 3. Wah, ini paling banyak penghuninya. Dan kebetulan, lagi-lagi cuma bertiga. Jadi, berangkat harus pagi bangeet... Kalo enggak bisa nggak selese. Pasiennya buanyak je... hehehe. Kalo jaga, biasanya aku nggak pulang, langsung mandi di RS. Dan, biasanya udah stadium terminal. Keliatan deh semua tanda gejala yang harusnya ada di penyakit apa gitu. Kebanyakan cholestasis jaundice, sirhep, CKD, CHF.. hmm.. kasian ya..

Jangan lupa bersyukur kalo dikasi sehat... Koass juga sebaiknya jangan sakit, kalo udah mau kerasa sakit, tambah asupan, dan usahakan istirahat cukup.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...