Saturday, March 19, 2011

Jaga Malam I, di Bangsal Interna

Bismillahirrahmanirrahim...

Yak, selasa kemarin, jadwalnya aku jaga. Junior ada 4, jadi dibagi 2-2. 2 di IGD, 2 di bangsal. Masih didampingi senior, alhamdulillah. Seniornya temen kita sendiri, jadi enak, ga segan nanya. Nah, karena kita pegang 3 bangsal, maka kalau ada konsulan, siap-siap jalan sehat deh. Normalnya, untuk kasus biasa, kami konsul ke DU (Dokter Umum) di IGD. Tapi untuk kasus tertentu, kami konsulkan ke konsultan.

Nah, bangsal yang rukonya kami tempati malah sepi konsulan, kami malah bolak-balik ke bangsal sebrang dan atas. Huum... capek sebenernya nggak masalah, cuman waktu itu migrainku lagi bersambang, jadi ya jalan sambil nahan-nahan migrain.

Seringnya konsulan lab, misal mo konsul bedah, mo debridemen, tapi Hb rendah. Gitu deh. Ada salah satu kasus unik, ada pasien dengan mual/muntah, awalnya dikasih domperidon, tapi diganti metoklopramid karena sesuai sama jaminan kesehatannya. Pada banyak orang nggak terlalu ngaruh, tapi pada pasien ini rupanya efek samping extrapiramidalnya kena. Alhasil ini orang jadi linglung dan gelisah. Ditanya pun disorientasi. Minta pulang, minta lepas infus, nyanyi-nyanyi. Akhirnya dikonsulkan ke dr. yang ngerawat dia. Suntik diazepam deh.

Sekitar mulai jam 12 mulai sepi konsulan, malah nggak ada, akhirnya bisa tidur walaupun nggak tenang karena takut bangun kesiangan. Besoknya pulang jam 6 pagi, mandi, makan, dan berangkat lagi.

~salam jaga!~

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...