Monday, January 24, 2011

Scabies


Bismillahirrahmanirrahim...

Hari ini ada bayi lucu yang pipinya jatuh-jatuh dateng ke poli KulKel.. Di daerah tangan, dan kaki *si ibu bilangnya ekstremitas loo, keren gak tuh?* gatal... Trus di daerah skrotum *ini ibunya yang nyebut loo, tapi aku lupa nanya, berbasis pendidikan apakah dia* ada papul-papul, trus obatnya juga udah hafal, soalnya beberapa kali ke dokter. Aku liatin di sela jari tangan si ibu juga ada yang mirip *secara aku paham banget lokasi UKK Skabies di mana (cuma ini yang apal, haha) jadi aku tanyalah... "Kalo yang di tangan Ibu itu gatal juga nggak?" dijawab "Enggak." Aku tanya lagi, "Oh, beda ya sama yang di si adek?" "Iya," jawabnya lagi.

Aku lirik kakak si adek, tangannya juga sama juga... Ini kan khas banget... Di puskesmas dulu, rata-rata penderita Skabies ya gitu.. sekeluarga bisa kena smua. Trus setelah didiagnosis, bener dah tuh... Skabies kan... Edukasi paling penting nih... Pokoknya semua yang kena skabies kudu berobat *biar gak ping-pong*, jaga kebersihan pakaian, sprei, dll, cuci pake air panas, ganti baju sering2.

~smogasehatslalu~

2 comments:

  1. familial, pruritus nocturnal, terowongan,... scabies banget :D

    ReplyDelete
  2. yooi, sky.. kalo kanalikuli memang agak susah dilihatnya, tapi selain itu, jelas sih.. cuma, kenapa si ibu nggak ngerasa yaa? hwhw

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...