Saturday, November 13, 2010

Ilmu Kesehatan Masyarakat



Bismillahirrahmanirrahim...

Ngapain sih stase IKM? Kalo di sini, stase ini tuh buangan, katanya. Biar ga menuh-menuhin margono, hihi. Padahal, dari panitia stase ini, pengen kalo yang masuk stase ini paling enggak udah lewat 2 stase besar (Bedah, Obsgin, Anak, atau Interna). Soalnya IKM ini kan pengabdian masyarakat. Pintu gerbang. Primary Health Care. Jadi kemampuan tinggi dan sarana pas-pasan lah yang ada.

Aku? IKM adalah stase pertama. Jadi anak bawang yang harus selalu belajar sama kakak2 yang udah lebih pengalaman. Bikin resep masih kaku. Nginfus? Hmm.. Bahkan waktu jamanku ga ada skill lab nginfus loh, wedew. Tapi, IKM tuh asyik. Pasti dapet banyak ilmu, karena orang-orang di desa justru seneng kita perhatiin dan kita lakuin tindakan. Bahkan denger-denger di Univ. terkemuka nun jauh di sana, jahit muka aja harus residen bedah plastik *kalo ga salah inget* Nah, kalo di sini alhamdulillah masih bisa tuh... kecuali kalo cewek, biar agak rapihan ya dirujuk.

Nginfus di RS? Wah, rebutaaan ama calon perawattt... Kalo di IKM? Hmm... banyak, tergantung pasiennya ada enggak. Kalo anak kecil emang masih susah sih... Orang sepuh? Yang udah tua? Susah juga, lari-lari pembuluh darahnya. Alhamdulillah udah dapet kesempatan nginfus, hehe.
Imunisasi? Nah, di IKM tuh banyak program pokok kan, ada 6, dan di program ini ada banyak kegiatan. Kalo lagi BIAS, Bulan Imunisasi Anak Sekolah, wah, siap-siap panen nyuntik dah. Kebetulan aku udah lewat program BIASnya, jadi palingan ikut imunisasi di Puskesmas Pembantu atau di rumah bidan. Banyak bayiii yang jelas, luuu cuuu. Selama ini belum dapet kesempatan ncuuss bayii, baru netesin polio ama nyuntik TT ibu hamil :D

Kalo di stase ini, manfaatkan deh, supaya nanti bisa dapet banyak pe ngalaman. Cuma kebetulan di kecamatan yang aku tinggali, masing-masing desa udah ada 2 bidan desa, jadi hampir ga ada yang partus/melahirkan di puskesmas. Walaupun aku udah pernah liat di puskesmas lain, tapi pengen liat lagi, ehehe.

Ini beberapa foto pas IKM... check this out

Tempat nongkrongku, apotik


Ruang Perawat, tempat nonton TV, hehe

Pintu utama


Yang pintunya kebuka itu BP (Balai Pengobatan)



Kamar koass waktu serangan laron




2 comments:

  1. iya. IKM disini tingkat 2. jadi minimal udah lewat interna, anak, neuro, jiwa, kulit, radiologi.hehehe... rencana IKM setelah bedah.. biar skill jahit menjahitnya bisa teraplikasi.hehe.. ^^

    ReplyDelete
  2. iyaaa mayyy... aku belum jahit-menjahit nihh... :P ngeliatnya kayanya aloott gitu, hihihi..

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...